SHALAT TASBIH
&
DASARNYA BOLEH BERJAMA’AH
SHOLAT NAFL/SUNNAH
Shalat tasbih/tasabih berjumlah 4
roka’at dan boleh dilaksanakan pada malam hari atau siang hari, cara melaksanakannya:
1. Dua roka’at dua
roka’at ( مَثْنَى مَثْنَى
) atau dua kali salam. Niatnya:
أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ
تَعَالٰى atau أُصَلِّى
سُنَّةَ التَّسَابِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰى
2. Empat roka’at
sekaligus dengan dua kali tahiyyat/tasyahhud dan satu kali salam.
Niatnya:
أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ
لِلّٰهِ تَعَالٰى atau أُصَلِّى
سُنَّةَ التَّسَابِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلّٰهِ تَعَالٰى
3. Empat roka’at
sekaligus dengan satu kali tahiyyat/tasyahhud dan satu kali salam.
Niatnya:
أُصَلِّى سُنَّةَ
التَّسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلّٰهِ تَعَالٰى atau أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسَابِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلّٰهِ
تَعَالٰى
Ü Roka’at pertama setelah membaca fatihah membaca surat
at-Takaatsur:
أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ.
حَتّٰى زُرْتُمُ المَقَابِرَ. كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَ. ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ
تَعْلَمُوْنَ. كَلَّا لَوْتَعْلَمُونَ عِلْمَ الْيَقِيْنِ. لَتَرَوُنَّ
الْجَحِيْمَ. ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِيْنِ. ثُمَّ لَتُسْأَلُنَّ
يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيْمِ.
Kemudian
membaca tasbih 15x
Ü Roka’at kedua setelah membaca fatihah membaca suat
al-‘Ashr:
وَالْعَصْرِ. إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفٖى حُسْرٍ.
إِلَّاالَّذِيْنَ آمَنُوْا وَعَمِلُواالصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا
بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ.
Kemudian membaca tasbih 15x
Ü Roka’at ketiga setelah membaca fatihah membaca surat
al-Kaafiruun:
قُلْ يَآأَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ. لَاأَعْبُدُ مَاتَعْبُدُوْنَ. وَلَاأَنْتُمْ عَابِدُوْنَ
مَاأَعْبُدُ. وَلَاأَنَاْ عَابِدٌ
مَّا عَبَدتُّمْ.
وَلَاأَنْتُمْ عَابِدُوْنَ مَا أَعْبُدُ. لَكُمْ
دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ. kemudian
membaca tasbih 15x
Ü Roka’at keempat setelah membaca fatihah membaca surat
al-Ikhlas:
قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ. اللهُ الصَّمَدُ. لَمْ يَلِدْ وَلَمْ
يُوْلَدْ. وَلَمْ يَكُنْ لَه كُفُوًا أَحَدٌ.
Kemudian
membaca tasbih 15x
Ü Ketika ruku’ dan sesudah membaca bacaan ruku’ baca tasbih sebanyak
10x
Ü Ketika I’tidal dan sesudah membaca do’a I’tidal baca tasbih sebanyak 10x
Ü Ketika sujud awal dan sesudah membaca bacaan sujud baca tasbih sebanyak 10x
Ü Ketika duduk diantara dua sujud dan sesudah membaca bacaannya baca tasbih sebanyak 10x
Ü Ketika sujud kedua dan sesudah membaca bacaan sujud baca tasbih sebanyak 10x
Ü Ketika duduk setelah sujud kedua
(mau berdiri) baca tasbih sebanyak 10x
Ü Pada
roka’at kedua dan selanjutnya sampai roka’at akhir, jumlah bacaan tasbih dan
tempat membaca tasbihnya pun sama seperti roka’at pertama, kecuali setelah
membaca fatihah dan surat sesudah fatihah, jumlah bacaan tasbihnya sebanyak
15x, dan pada saat duduk untuk tahiyyat/tasyahhud, baik tahiyyat/tasyahhud awal
maupun akhir, maka sebelum membaca tahiyyat/tasyahhud baca tasbih sebanyak 10x.
Ü Adapun
bacaan Tasbihnya:
سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ وَلَاإِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ
أَكْبَرُ
Lebih baik lagi ditambah dengan bacaan:
لَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ
الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
Wirid Sesudah
Shalat Tasbih
۱.
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ sebanyak 70x
أَلَّذِى لَاإِلٰهَ إِلَّا هُوَالْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ Diakhiri
dengan
۲. أَللّٰهُمَّ
صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ sebanyak
100x
وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ Diakhiri
dengan
۰۳ لَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ
إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمْ sebanyak 100x
۰٤لَاإِلٰهَ إِلَّا اللهُ sebanyak
100x
عَلَيْهَا نَحْيٰ
وَعَلَيْهَا نَمُوْتُ إِنْ شَآءَاللهُ مِنَ الْأٰمِنِيْنَ Diakhiri
dengan
۰٥ لَاإِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّيْ
كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ sebanyak
21x
٠٦يَاأَللّٰهُ
يَارَحْمٰنُ يَارَحِيْمُ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ يَاذَاالْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ
يَاأَهْلَ التَّقْوٰى وَالْمَغْفِرَةِ يَاذَاكِرَ الذَّاكِرِيْنَ.
تُبْ عَلَيَّ تَوْبَةً نَصُوْحًا. وَزِدْنِيْ بِفَضْلِ رَحْمَتِكَ نُوْرًا
وَطَهُوْرًا وَوُضُوْحًا يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.sebanyak
5x
DO’A
SHALAT TASBIH
أَللّٰهُمَّ إِنّيْ أَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ أَهْلِ
الْهُدٰى وَأَعْمَالَ أَهْلِ الْيَقِيْنِ وَمُنَاصَحَةَ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزَمَ
أَهْلِ الصَّبْرِ وَجَدَّ أَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرُّغْبَةِ
وَتَعَبُّدَ أَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتّٰى أَخَافَكَ.
أَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مُخَافَةً تَحْجُزُنٖى عَنْ مَّعَاصِيْكَ حَتّٰى
أَعْمَلَ بِطَاعَتِكَ عَمَلًا أَسْتَحِقُّ بِهٖ رِضَاكَ وَحَتّٰى أُنَاصِحَكَ
بِالتَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْكَ وَحَتّٰى أُخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا مِنْكَ
وَحَتّٰى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِى الْأُمُوْرِوَأُحْسِنَ الظَّنَّ بِكَ سُبْحَانَكَ
خَالِقُ النُّوْرِ بِرَحْمَتِكَ يَآأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلٰى
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ
رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
“Ya Allah, hamba mohon petunjuk sebagaimana
orang-orang yang telah Engkau berikan petunjuk, kemampuan untuk beramal
sebagaimana amalnya ahlul yakin, keikhlasan
sebagaimana ikhlasnya orang yang benar-benar bertaubat, keteguhan hati sebagaimana
keteguhan hati orang yang sabar, kesungguhan sebagaimana orang yang takut akan
adzab Engkau, permohonan sebagaimana permohonan
orang yang berharap kepada Engkau, kemampuan
untuk beribadah sebagaimana ibadahnya orang wira’i, dan pengetahuan orang-orang
berilmu yang akan menjadikan saya takut hanya kepada Engkau. Ya Allah, hamba mohon
perasaan takut yang akan menjauhkan hamba dari maksiat kepada-Mu, yang akan
menjadikan hamba beramal hanya karena-Mu sehingga mendapatkan ridho-Mu, perasaan
takut kepada-Mu yang menjadikan hamba benar-benar bertaubat, dan berilah hamba
perasaan cinta kepada-Mu sehingga hamba beramal dengan ikhlas dan menjadikan
hamba menyerahkan segala urusan hanya kepada Engkau sebab hamba yakin Engkaulah
sebaik-baik Yang Diserahi urusan, Wahai Dzat Yang Maha Suci Yang telah
menciptakan cahaya, sebab rahmat-Mu Wahai Dzat Yang Paling Merahmati. Dan
shalawat-salam senantiasa tercurahkan kepada Baginda Nabi Muhammad S’AW, keluarga
dan para sahabatnya. Serta segala puji hanyalah milik Allah semata Tuhan
semesta Alam ”
Dasarnya
Boleh Berjama’ah Shalat Nafl/Sunnah
(صَلَاةُ النَّفْلِ) وَهُوَ مَاعَدَا
الْفَرَائِضَ (قِسْمَانِ : قِسْمٌ لَايُسَنُّ جَمَاعَةً) أَيْ لَاتُسَنُّ فِيْهِ
الْجَمَاعَةُ, فَلَوْ صَلَّى جَمَاعَةً لَمْ يُكْرَهْ, قَالَهُ فِى الرَّوْضَةِ
فِى صَلَاةِ الْجَمَاعَةِ. (محلى/قليبى, ص ۲۱۰)
“Shalat Nafl ialah
shalat selain shalat fardlu, shalat nafl ini ada dua macam, pertama tidak
disunnahkan untuk berjama’ah, namun jika dilaksanakan dengan berjama’ah maka
tidak makruh, dinukil dari kitab raudlah bab shalat jama’ah” (mahalli,
qolyubi, hal. 210)
وَإِفْرَادُ النَّوَافِلِ لَاتَنْحَصِرُ. أَمَّاالْمُؤَقَّتُ
فَهُوَ قِسْمَانِ, قِسْمٌ لَاتُسَنُّ فِيْهِ الْجَمَاعَةُ, فَهِيَ فِيْهِ
الْخِلَافُ الْأَوْلَى. وَإِنْ حَصَلَ ثَوَابُهَا عَلَى الْمُعْتَمَدِ. كَمَا
قَالَهُ الوَنَائِى عَنِ ابْنِ قَاسِمٍ. (نهاية الزين فى شرح قرة العين, ص ٩٩)
“Shalat nafl tidak
terbatas jumlahnya, yang ditentukan (hukumnya) ada dua macam, diantaranya
adalah tidak disunnahkan untuk berjama’ah, hal ini menjadi perselisihan, namun
apabila dilaksanakan berjama’ah akan mendapatkan pahala, inilah menurut
pendapat yang lebih kuat. Ini merupakan pendapatnya Wana,i dari Ibnu Qasim ” (nihayah
zain, hal. 99)
تُبَاحُ الْجَمَاعَةُ فِى نَحْوِ الْوِتْرِ (أي غَيْرِ
رَمَضَانَ) وَالتَّسْبِيْحِ فَلَا كَرَاهَةَ فِى ذٰلِكَ وَلَا ثَوَابَ, نَعَمْ,
إِنْ قَصَدَ تَعْلِيْمَ الْمُصَلِّيْنَ وَ تَحْرِيْضَهُمْ كَانَ لَهُ ثَوَابٌ
وَأَيُّ ثَوَابٍ بِالنِّيَّةِ الْحَسَنَةِ. كَمَا يُبَاحُ الْجَهْرُ فِى مَوْضِعِ
الْإِسْرَارِ الَّذِى هُوَ مَكْرُوْهٌ لِلتَّعْلِيْمِ. فَأَوْلَى مَاأَصْلُهُ
الْإِبَاحَةُ. وَكَمَا يُثَابُ فِى الْمُبَاحَاتِ إِذَا قَصَدَ بِهَا الْقُرْبَةَ
كَالتَّقْوَى بِالْأَكْلِ عَلَى الطَّاعَةِ, هَذَا إِنْ لَمْ يَقْتَرِنْ بِذٰلِكَ
مَحْذُوْرٌ كَنَحْوِ إِيْذَاءٍ أَوْ إِعْتِقَادِ الْعَامَّةِ مَشْرُوْعِيَّةِ
الْجَمَاعَةِ وَإِلَّا فَلَا ثَوَابَ بَلْ يَحْرُمُ وَيُمْنَعُ مِنْهَا. (بغية
المسترشدين, ص ٦٧)
“Dibolehkan berjama’ah
(shalat sunnah) seperti shalat witir (yang diluar bulan Ramadhan) dan shalat
tasbih, dan tidak makruh apabila dilaksanakan berjama’ah namun tidak
mendapatkan pahala. Tapi jika ada maksud pembelajaran untuk orang-orang yang
shalat dan memberi semangat mereka maka akan mendapat pahala, yakni pahala
karena niat yang baik, seperti dibolehkannya mengeraskan suara pada tempat
mengecilkan suara (dalam shalat) padahal makruh mengeraskannya tapi karena
untuk ta’lim maka boleh. Karena asal dari segala sesuatu adalah mubah. Contoh
lain lagi diperolehnya pahala pada segala sesuatu yang mubah dengan tujuan
untuk mendekatkan diri dan takwa kepada Allah seperti makan agar kuat
menjalankan ketaatan. Hal ini, apabila tidak bertentangan dengan hal-hal yang
dilarang oleh syari’at seperti menyusahkan orang lain atau memberikan keyakinan
kepada orang banyak bahwa shalat sunnah berjama’ah itu disyari’atkan, namun
apabila bertentangan dengan hal tersebut maka tidak ada pahala dalam
melaksanakannya, bahkan bisa diharamkan dan harus dicegah.”
(Bughyatul mustarsyidin, hal.67)
كتبه الشيخ أحمد نقيب نور الحافظ
بالمسجد أݤوݟ
سماراݟ,
۰٩رمضان ۱٤۳٤
هـ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar